Kamis, 21 November 2013

MENJADI TELADAN



                Timotius adalah anak rohani dari Rasul Paulus. Timotius adalah anak yang lahir dari pernikahan campuran dimana ibunya adalah seorang Yahudi dan ayahnya dari Yunani. Timotius menjadi Kristen saat Paulus menjalankan misinya yang pertama. Timotius dipanggil Tuhan saat umur sekitar 16-17 Tahun. Nama Timotius memiliki arti orang yang saleh. Timotius layak menerima nama ini karena sejak kecil ia sudah mengenal ajaran Firman Tuhan dari ibunya dan juga neneknya. Ajarkanlah Firman Tuhan kepada anak-anak sejak masih kecil sehingga ia memiliki hidup yang takut akan Tuhan. Karena hari-hari ini banyak anak muda yang salah jalan karena kurang diisi dengan Firman Tuhan.
                Dalam nasihatnya kepada Timotius, Rasul Paulus memberikan nasihat untuk menjadi teladan bagi orang percaya. Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. 1 Timotius 4 : 12. Jadilah teladan dalam perkataanmu. Kebanyakan perkataan anak muda tidak terkontrol dan tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Jagalah perkataan kita agar bisa menjadi berkat untuk sekitar karena perkataan bisa membawa dampak yang besar buat hidup seseorang dan juga sekitar kita. Jadilah juga teladan dalam tingkah laku kita. Tingkah laku berbicara tentang karakter dan sifat seseorang. Biarlah lewat tingkah laku kita sekitar menjadi terberkati dengan keberadaan kita. Jadilah teladan dalam kasihmu. Biarlah kita memilih kasih yang tanpa pamrih dalam hidup ini. Begitu juga kita harus menjadi teladan dalam kesetiaan kita. Apakah kita setia dengan pasangan kita? Banyak kesetiaan yang mulai pudar dalam setiap keluarga hari-hari ini. Tanpa kesetiaan akan kita temui banyak rumah tangga yang akan hancur. Selain itu kita harus menjadi teladan dalam kesucianmu. Kesucian berbicara tentang kekudusan kita dalam menjalankan hidup ini. Teruslah mempunyai hidup kudus dalam hidupmu.
                Apa saja karakter yang harus ada dalam hidup kita agar kita bisa menjadi teladan buat sekitar?
1.       Pedulilah pada orang-orang yang tersingkir.
Seperti teladan Yesus yang sering bergaul dengan orang-orang yang tersingkirkan. Begitu juga kiranya hidup kita. Ikutilah teladan Yesus dalam hidup kita. Ia peduli kepada orang lumpuh, Ia peduli pada orang buta dan ia peduli pada semua orang yang tersingkirkan.
2.       Integritas.
Dalam kata integritas terkandung tiga hal, yaitu kejujuran, ketaatan dan kesetiaan. Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. 1 Petrus 2 : 22. Saat kita mengaku kalau kita adalah anak Tuhan maka hidup kita harus seperti hidup Kristus yang memiliki integritas dalam hidup-Nya. Milikilah integritas baik dalam pelayananmu dan juga dalam pekerjaanmu. Anak muda adalah harapan kerajaan Allah, penyambung lidah Allah dan juga sebagai contoh generasi yang akan datang. Oleh karena itu milikilah integritas dalam hidupmu.
3.       Ketaatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.
Seperti halnya Yesus yang taat menjalankan tugas dari Bapa untuk mati di kayu salib menebus dosa manusia. Demikian juga hidup kita. Milikilah ketaatan dalam setia tugas dan tanggung jawab yang sudah dipercayakan untuk setiap kita. Biarlah ketaatan terus ada dan melekat dalam hidup kita.
4.       Menunjukan kasih kepada semua orang.
Biarlah setiap kita memiliki kasih seperti yang Kristus miliki, kasih yang murni, kasih yang tanpa menuntut imbalan apapun. Saat hidup kita memiliki kasih Kristus maka hidup kita pasti bisa menjadi teladan buat sekitar kita.
5.       kerendahan hati sebagai hamba.
Yesus adalah pribadi yang rendah hati dalam setiap pelayanannya. Yesus adalah raja di atas segala raja. Tetapi Ia rela turun ke dalam dunia dan lahir di kandang domba. Ia pun tidak memilih orang kaya sebagai orang tua-Nya tetapi Ia lahir dari anak tukang kayu. Kerendahan hati-Nya pun dapat kita lihat dari tindakan-Nya yang membasuh kaki murid-murid-Nya. Milikilah sifat rendah hati dalam hidup kita dan hiduplah seperti Kristus. Menjadi pengikut Kristus harus berani bayar harga, menyangkal diri dan pikul salib. Terus jadilah teladan buat sekitar kita dan terus hidup sama seperti Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar