Kamis, 21 November 2013

Menarik Perhatian Yesus



             Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.” Amsal 4:25. Saat kita fokus dengan Tuhan, pandangan kita harus menatap ke depan dan tidak melihat ke belakang. Ada suatu kisah tentang pengusaha kayu yang sedang memotong kayu. Disaat bekerja memotong kayu, jam yang ia pakai terjatuh di tumpukan kayu dan ia tidak menyadarinya. Saat jam makan siang, ia menyadari kalau jamnya hilang. Ia langsung menyuruh pegawainya untuk mencari jam tersebut. Akhirnya tidak satupun yang dapat menemukannya. Akhirnya pada sore hari ada seorang anak kecil yang duduk di potongan kayu tersebut. Ia berdiam dan mendengar detik jam pengusaha itu dan menemukannya. Bagaimana kita bisa menarik perhatian Tuhan? Yaitu saat kita berdiam dan fokus dengan Tuhan. Ada beberapa tokoh yang bisa menarik perhatian Tuhan dalam Alkitab.
1.  Perempuan yang pendarahan (Markus 5 : 25)
“Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan.” Markus 5 : 25. Mengapakah perempuan ini bisa menarik perhatian Tuhan Yesus saat itu.  Rahasia mengapa perempuan ini bisa menarik perhatian Yesus adalah perempuan ini memiliki Iman yang luar biasa. Ia percaya saat menjamah jumbai jubah Yesus ia akan sembuh. Karena imannyalah ia bisa sembuh dan bisa menarik perhatian Yesus.
2.  Seorang ahli taurat (Markus 12 : 34)
“Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: “Engkau tidak jauh dari kerajaan Allah!” Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.” Markus 12:34.  Siapakah orang ini? Dalam ayatnya yang ke-28 dijelaskan bahwa orang ini adalah ahli taurat yang memiliki kebijaksanaan selain itu juga ia adalah orang yang takut dengan Tuhan. Hal inilah yang menarik perhatian Yesus kepada orang ini.
3.  Empat orang yang mengangkat orang lumpuh (Lukas 5 : 20)
“Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: ”Hai saudara, dosamu sudah diampuni.” Lukas 5:20. Dalam kisah tersebut diceritakan tentang empat orang yang mengangkat orang lumpuh dan membawanya ke atas genteng untuk bertemu dengan Yesus. Mereka memiliki iman sehingga orang lumpuh tersebut disembuhkan. Saat kita memiliki iman yang luar biasa, kita bisa berdampak buat sekitar kita, baik keluarga, teman atau siapapun di dekat kita seperti keempat orang tersebut. Karena iman merekalah yang menarik perhatian Yesus.
4.  Lewi si pemungut cukai (Lukas 5 : 27)
“Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: “Ikulah Aku!” Lukas 5:27. Lewi si pemungut cukai adalah orang yang paling berdosa. Tetapi mengapakah ia bisa menarik perhatian Yesus? Hal ini disebabkan karena Tuhan tahu saat Ia memanggilnya, ia akan melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh. Pembelaan Tuhan ada buat setiap orang yang melayaniNya.
5.  Janda miskin yang ditinggal suaminya (Lukas 7 : 13)
“Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: “Jangan menangis!” Lukas 7:13. Janda miskin ini ditinggal suaminya dan ia memiliki anak satu. Anaknya meninggal dan ia datang kepada Yesus. Ia memiliki harapan yang besar anaknya akan hidup saat ia bertemu dengan Yesus. Harapannyalah yang membuat Yesus tertarik pada perempuan ini. Jadi milikilah harapan yang besar kepada Yesus seperti janda ini.
6.  Zakeus (Lukas 19 : 1-10)
Zakeus adalah seorang pemungut cukai yang dikategorikan orang jahat oleh orang-orang di sekitarnya. Saat ada kabar kalau Yesus datang ke kotanya. Ia berusaha lari untuk bertemu Yesus dan melihat siapakah Yesus itu (Lukas 19:3). Saat bertemu Yesus, ia berani mengambil tindakan untuk mengembalikan empat kali lipat kepada orang-orang yang diperasnya. Zakeus berusaha mengenal siapa itu Yesus. Begitu juga dengan hidup kita jika kita setiap pagi datang kehadirat-Nya untuk lebih mengenal pribadi Yesus maka pandangan Yesus akan tertuju kepada kita. Kita akan menarik perhatian Yesus.
7.  Janda miskin yang memberikan persembahan 2 peser (Lukas 21 : 2)
“Ia melihat juga seorang janda miskin memasukan dua peser ke dalam peti itu.” Lukas 21:2. Janda miskin ini bisa menarik perhatian Yesus karena ia memiliki motivasi yang benar dalam memberi persembahan. Walau tidak sebanyak orang lain tetapi ia memberikan yang terbaik dari yang ia punya. Persembahannyalah yang menarik perhatian Yesus.
8.  Seorang yang 38 tahun sakit (Yohanes 5 : 5-6)
Seseorang yang sudah 38 tahun menderita sakit. Mengapakah Yesus tertarik pada orang ini. Bisa kita lihat pada ayatnya yang ke-7. Ia memiliki kemauan untuk mendapatkan kesembuhan. Tuhan kita tidak tuli.
Sadarilah hanya Tuhan yang harus menjadi fokus hidup kita. Saat kita fokus dengan Tuhan maka perhatian Tuhan akan tertuju kepada kita. Sadarilah bahwa perhatian kita kepada Yesus akan mengalahkan perhatian kita kepada dunia. Dan sadarilah bahwa setiap kita adalah orang-orang yang unik yang diciptakan Tuhan dengan kelebihan yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar