Jumat, 22 November 2013

Dipilh, Dibentuk dan Dipakai



            Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Allah, umat kepunyaan Allah, dan juga bangsa ini berharga di mata Allah. Meskipun mereka berharga di mata Allah, Allah terus memproses mereka agar mereka menjadi bangsa yang tidak biasa-biasa saja. Bukan umat yang biasa-biasa saja tetapi umat yang luar biasa. Banyak proses yang diberikan Allah kepada bangsa yang tegar tengkuk ini. Inilah bangsa Israel, pembentukan Allah tidak tanggung-tanggung kepada bangsa ini.
            Di dalam kehidupan kita sebagai Israel-Israel rohani, Tuhan pun ingin membentuk setiap kita seperti bangsa Israel. Pernahkah kita berpikir mengapa kita menjadi Kristen? Pernahkah kita tahu apa tujuan hidup kita? Apa kita juga tahu panggilan setiap kita? Seperti halnya bangsa Israel yang terus diproses oleh Tuhan Allah.
1.  DIPILIH
      Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Kejadian 12 : 1-3. Sebelum dipilih Tuhan Abraham adalah orang yang biasa-biasa saja, tetapi dari kaumnya Abrahamlah yang dipilih oleh Allah. Semua orang pasti dipanggil Allah. tetapi apakah respon kita? Apakah kita sudah cukup puas dengan dipanggil saja?
      Tuhan tidak hanya memanggil kita tetapi Tuhan juga memilih kita, memisahkan kita, dan kita harus siap keluar dari zona nyaman saat dipilih Tuhan. Terkadang setiap kita saat dilih Tuhan merasa kayaknya bukan aku Tuhan atau terkadang banyak alasan yang muncul untuk setiap kita agar tidak meresponi apa yang menjadi panggilan dari Tuhan. Keluarlah dari zona nyaman, memang berat dan banyak tantangan yang akan kita hadapi saat kita dipilih Allah. Tetapi ingatlah janji Tuhan besar dalam hidup kita. Kita dipilih karena hidup kita berharga dimata Tuhan seperti bangsa Israel. Tuhan tidak berhenti Cuma hanya dipilih saja tetapi saat kita sudah meresponi panggilannya dan dipilih mka setelah itu kita akan dibentuk.
2.  DIBENTUK
      Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.” Yeremia 18 : 4. Hidup kita akan dibuat sesuai dengan rencana Tuhan. Hal ini tidak gampang buat setiap kita karena setiap manusia memiliki kehendak bebas dalam hidupnya. Memang tidak enak dalam pembentukannya Tuhan. Tetapi pembentukan itu dilakukan agar setiap kita memiliki karakter seperti karakter Yesus. Seperti halnya bangsa Israel yang berputar-putar karena ketegar tengkukan mereka kepada Tuhan. Proses ada agar apa yang tidak baik dalam hidup kita dikikis oleh Tuhan.
      Banyak hal yang akan kita rasakan saat diproses Tuhan. Proses itu terjadi untuk pembentukan karakter. Supaya apa yang keluar dari kita bukan siapa kita tetapi karakter Kristus yang ada di dalam kita. Saat penjunan itu rusak maka tukang penjunan itu akan membentuknya lagi. Kita akan dinolkan lagi oleh Tuhan supaya bukan kita yang bersinar tetapi Tuhanlah yang harus bersinar. Jangan sampai kita tidak kuat saat proses itu datang, Tuhan akan tetap bersama kita saat proses datang dalam hidup kita. Kita diproses agar kita indah dipemandangannya Tuhan. Yang menjadi pertanyaannya buat setiap kita maukah kita indah dipemandangannya?
3.  DIPAKAI
      Tuhan mau memakai hidup kita. Pembentukan ada agar kita menjadi siap pakai. Saat kita sudah lolos dari ujian pembakaran maka Tuhan akan memakai hidup kita. Saat kita sudah menjadi sesuatu yang indah, biarlah Tuhan yang memegang hidup kita. Saat kita sudah menjadi bejana yang indah jangan sampai kita pecah lagi, oleh karena itu ijinkan Tuhan agar memegang hidup setiap kita. Tuhan mau memakai hidup kita sebagai alat kemuliaan-Nya. Saat Tuhan memakai hidup kita, Ia juga akan memperlengkapi setiap kita. Jangan takut karena saat hidup kita sudah menjadi sesuatu yang indah, dan Tuhan akan meletekan sesuatu yang indah itu di tempat yang mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar