Kamis, 21 November 2013

Berkat Yang Berkualitas



                Allah kita adalah Allah yang bergerak di dalam waktu dan kekekalan. Setiap kita pasti merindukan pertolongan Tuhan dan sesuatu yang baru dalam hidup kita. Jangan pernah ragukan setiap janji Allah dalam hidup kita. Janji Tuhan adalah Ya dan Amin. Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih! Yesaya 44 : 2. Berkat yang berkualitas sudah Tuhan sediakan saat kita masih ada di dalam kandungan. Didunia ini ada tiga sumber berkat, Berkat dari Allah, Berkat dari kuasa kegelapan dan berkat usaha manusia itu sendiri. Tetapi berkat yang berkualitas adalah berkat yang datangnya dari Allah yang bukan merupakan kecelakaan atau luka tapi hari depan yang penuh harapan.
                Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu. Yesaya 44 : 3. Berkat yang berkualitas akan terus tercurah buat setiap kita seperti janji Firman-Nya. Dalam Imamat 25 : 20 – 21. Tuhanlah yang punya berkat. Berkat dari Tuhan adalah berkat yang bisa bertahan lama. Allah bisa memerintahkan berkat turun atas setiap kita karena Ialah yang punya berkat. Allah rela menjadi miskin agar setiap kita menjadi kaya dan diberkati. Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya. 2 Korintus 8 : 9. Ada dua berkat yang diberi Allah buat setiap kita. Berkat yang kelihatan, seperti materi, uang, dan lainnya. Dan juga berkat yang tidak kelihatan, yaitu pengampunan dan keselamatan.
Berkat yang berkualitas dari Tuhan akan membawa dampak:
1.       Semakin dekat dengan Tuhan.
Yang satu akan berkata: Aku kepunyaan TUHAN, yang lain akan menyebut dirinya dengan nama Yakub, dan yang ketiga akan menuliskan pada tangannya: Kepunyaan TUHAN, dan akan menggelari dirinya dengan nama Israel." Yesaya 44 : 5. Orang yang menerima berkat yang berkualitas akan semakin dekat dengan Tuhan Sang pemberi berkat. Seperti halnya perubahan ulat menjadi kupu-kupu terjadi tiga macam perubahan, perubahan status, bentuk dan fungsi. Saat kita diberkati Tuhan maka akan terjadi perubahan dalam hidup kita. Kita akan berdampak buat sekitar seperti halnya ulat yang suka makan daun-daun tumbuhan, saat berubah menjadi kupu-kupu, ia akan berguna buat tumbuhan karena membantu penyerbukan dan pembuahan.
2.       Bertahan sampai generasi berikutnya.
Berkat ada di atas kepala orang benar, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman. Amsal 10 : 6. Berkat Tuhan ada disetiap kepala orang benar. Segala berkat materi, berkat keturunan dan berkat kekekalan akan terus Tuhan limpahkan seperti halnya dengan Abraham. Berkat yang diterima Abraham adalah berkat yang berkualitas dan berkat tersebut tidak berkesudahan.
3.       Terus diperhitungkan di Kerajaan Sorga.
"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Matius 6 : 19. Saat diberkati Tuhan teruslah menjadi saluran berkat. Kita diberkati untuk memberkati yang lain. Kumpulan harta di surga dan miliki hidup yang suka memberi pada pekerjaan Tuhan dan orang-orang di sekitar kita.

Ciri-ciri berkat yang berkualitas:
1.       Tidak diterima dari penindasan.
Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.” Yakobus 5 : 4. “Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya. Amsal 11:11. Jangan mencari berkat dari menindas orang lain. Karena berkat Tuhan tidak hanya tercurah dari satu pintu saja tetapi Tuhan bisa memberkati kita lewat berbagai pintu berkat yang ada.
2.       Diberkati untuk memberi apa yang menjadi pekerjaan Tuhan.
memberi tidak berbicara tentang kuantitas tetapi kualitas. Miliki motivasi yang benar saat memberi untuk pekerjaan Tuhan. Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit; kamu makan, tetapi tidak sampai kenyang; kamu minum, tetapi tidak sampai puas; kamu berpakaian, tetapi badanmu tidak sampai panas; dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja untuk upah yang ditaruh dalam pundi-pundi yang berlobang! Hagai 1 : 6. Memberi persembahan Perpuluhan dan setiap persembahan  untuk pekerjaan Tuhan membuat pundi-pundi kita tidak belubang. Jangan menaruh berkat Tuhan pada pundhi-pundhi yang berlubang.
3.       Didapat dari kesadaran kalau berkat itu didapat dari belas kasihan Tuhan.
Berkat yang kita terima sekarang bukan berkat karena kekuatan kita tetapi semua itu karena belas kasihan Tuhan buat setiap kita. Oleh karena itu syukuri dan jadilah berkat buat sesama. dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. 1 Petrus 3 : 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar