Minggu, 08 November 2015

Tuhan Penjaga Israel

            Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?” Mazmur 121:1. Saat menghadapi badai hidup Raja Daud melayangkan matanya ke gunung-gunung. Gunung-gunung disini mempunyai arti kekuatan dunia yang bisa membantu setiap kita mengatasi permasalahan kita. Ada juga tafsiran yang mengatakan gunung-gunung memiliki arti menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kekuatan sendiri. Setiap manusia cenderung mencari penyelesaian sendiri untuk mengatasi masalahnya daripada datang kepada Tuhan. Baru ketika manusia mengalami jalan buntu dan tidak ada jalan untuk menyelesaikan masalahnya baru manusia datang dan mencari Tuhan. Raja Daud bertanya darimana datang pertolongannya dan dalam Mazmur 121:2 Raja Daud menyadari pertolongannya hanya ia dapat dari Tuhan, “Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.”
            Bukankah Hari-hari ini kita mengalamai apa yang dialami oleh Raja Daud? Keadaan ekonomi semakin hari semakin memburuk, semua aspek pekerjaan bahkan bisnis-bisnis yang ada mengalami kegoncangan, PHK terjadi dimana-mana. Seakan-akan tidak ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Pertolongan kita hanya ada di dalam Tuhan, Tuhan yang bagaimana yang bisa menolong setiap kita?
1.      Tuhan yang Menjadikan Langit dan Bumi.
Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.” Mazmur 121:2. Pertolongan kita berasal dari Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. Setiap orang akan terkagum-kagum kepada seseorang yang mampu menciptakan suatu hal yang luar biasa. Kebanyakan orang akan menganggap orang tersebut adalah orang yang hebat. Terkadang setiap kita juga datang kepada orang-orang yang kita anggap mampu dan bisa menyelesaikan masalah kita. Padahal bukankah kita punya Allah pencipta langit dan bumi? Bukankah Allah kita adalah Allah yang harus kita kagumi karena Ia adalah Sang Pencipta yang Luar Biasa Dahsyat? Bukankah hanya kepada Dia saja kita harus datang bukan datang ke orang-orang hebat yang kita kenal? Datanglah kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi saat kita butuh pertolongan. Karena Ia adalah Allah yang bisa menciptakan sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. Datanglah kepada Tuhan pasti ia akan memberikan jalan keluar kepada setiap kita untuk menyelesaikan permasalah kita. Tuhan Allah kita adalah Jehova Rapha, Allah yang sanggup menyembuhkan sakit setiap kita, Dia adalah El-Gibbor Allah yang Besar dan Perkasa. Jangan membesar-besarkan masalah kita karena kita punya Allah yang Besar dan Perkasa. Allah yang lebih Besar dari setiap masalah kita.
2.      Tuhan yang Selalu Berjaga-jaga dan Menjaga Umat-Nya.
Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.” Mazmur 121:3-5. Kita punya Tuhan Allah yang selalu berjaga-jaga buat setiap kita, Dia adalah Allah yang selalu berjaga-jaga 24 jam nonstop buat setiap kita. Dia bukan penjaga malam yang bisa terlelap ataupun murid-murid Tuhan Yesus yang tertidur saat berjaga-jaga. Tetapi Ia adalah Allah penjaga kita yang tidak pernah tertidur dan terlelap. Setelah menciptakan dunia ini Allah tidak diam tetapi ia tetap bergerak dan bekerja, Allah masih bekerja dalam hidup kita, Ia ada untuk menjawab setiap doa-doa kita sesuai dengan kehendak-Nya di dalam hidup kita. Allah terus bekerja melindungi dan memberkati setiap kita. Kapanpun kita datang kepada Tuhan dan ingin bertemu dengan-Nya kita bisa datang kapan saja karena Ia adalah Allah yang selalu ada buat kita dan gampang untuk setiap kita temui. Ia adalah Allah yang setia dan sabar mendengar pergumulan kita. Allah adalah naungan kita, Naungan disini memiliki arti bayangan yang selalu ada di dekat kita. Allah ada disebelah tangan kanan kita, tangan kanan berbicara tentang masa depan, hal ini berarti ada masa depan yang pasti saat kita bersama Allah.
3.      Tuhan yang Memelihara dan Melindungi Umat-Nya.
Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.” Mazmur 121:6-8. Kita punya Tuhan Allah yang melindungi dan memelihara umat-Nya. Dalam Mazmur Raja Daud digambarkan Tuhan Allah seperti Matahari dan Bulan yang selalu ada dan tidak menyakiti kita. Selalu memelihara setiap kita seperti kisah bangsa Israel yang keluar dari tanah Mesir, Allah terus menyertai kemanapun mereka pergi, ada tiang awan dan tiang api yang memelihara dan melindungi mereka. Tuhan Allah juga manjaga kita dari dosa dan kesukaran hidup, Tuhan juga menjauhkan kita dari kecelakaan dan menjaga nyawa setiap kita. Nyawa disini berbicara tentang jiwa manusia yang meliputi pikiran, perasaan dan kehendak manusia. Biarlah pikiran, perasaan dan kehendak kita selaras dengan Tuhan, terus datang kepada Tuhan saat badai hidup datang karena ia adalah Tuhan yang menjaga keluar masuk kita. Ada perlindungan yang sempurna yang akan Tuhan berikan buat setiap kita apapun keadaan yang terjadi di dalam hidup kita. Apapun masalah kita, apapun pergumulan kita kita punya Allah penjaga Israel yang akan menjaga setiap kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar