Rabu, 08 Oktober 2014

Berkat di Dalam Rumah Tuhan



Kitab Mazmur adalah kitab yang ditulis oleh Raja Daud. Saat sebuah kerajaan diserang musuh, pasti raja dari kerajaan tersebut mengatur strategi dan mengerahkan pasukannya untuk menghalau musuh tersebut. Tetapi apa yang dilakukan raja Daud berbeda dengan raja-raja yang lain. Dalam Mazmur 27 : 4, “Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.” Daud memilih diam di rumah Tuhan, suatu tindakan yang berbeda dari raja-raja lain. Kesukaan Raja Daud adalah diam di rumah Tuhan. Satu hal yang Daud minta adalah tinggal dalam rumah Tuhan. “tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya." Lukas 10:42. Seperti halnya Maria, Maria telah memilih bagian yang terbaik, ia duduk di kaki Tuhan mendengar setiap apa yang Tuhan katakan. Mari kita renungkan kehidupan setiap kita, seandainya kita disuruh meminta satu keinginan dalam hidup kita, pasti setiap kita memilih harta, kekayaan, materi dan keinginan daging setiap kita. Tetapi berbeda dengan Raja Daud , Daud minta diam di rumah Tuhan seumur hidupnya. Saat kita tinggal dalam rumah Tuhan, ada berkat-berkat yang sudah Tuhan sediakan buat setiap kita.
1.       Perlindungan Allah saat Bahaya Mengancam
“Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu.” Mazmur 27:5. Kehidupan setiap kita tidak luput dari masalah, proses dan pergumulan dalam hidup kita. Tetapi saat semua itu menyerang dalam hidup kita, kepada siapakah kita akan berlindung? Di dunia ini tidak ada orang yang aman. Kita memerlukan perlindungan yang sejati di tengah-tengah dunia ini. Dimanakah kita memperoleh perlindungan yang sejati dalam dunia ini? Seperti halnya Raja Daud, ia menyerahkan dan mempercayakan seluruh hidupnya ke dalam tangan Tuhan. Karena dalam rumah Tuhan ada perlindungan yang sempurna dalam hidup kita. Tuhan adalah benteng hidup dan pertahanan setiap kita. Tuhan adalah Tuhan yang luar biasa dan Tuhan adalah tempat perlindungan yang sejati.
Perlindungan Tuhan ada saat kita berada dalam rumah Tuhan. Rumah Tuhan bukan bicara soal fisik atau gedung gereja. Tetapi rumah Tuhan berbicara mengenai hadirat Tuhan dan penyertaan Tuhan. Hadirat Tuhan dan penyertaan Tuhan akan melindungi setiap kita saat bahaya datang menerpa. Kita membutuhkan hadirat Tuhan hari-hari ini, karena hadirat Tuhan akan memberi pertolongan buat setiap kita saat tidak ada jalan keluar dalam hidup kita. Ada perlindungan yang mutlak dalam hidup kita saat kita tinggal dalam hadirat Tuhan. Saat kita tinggal dalam hadirat Tuhan maka semua yang baik akan menjadi bagian kita. 
2.       Penyertaan Allah dalam Hidup Setiap Kita
“Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku! Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.” Mazmur 27:9-10. Saat kita tinggal dalam hadirat Tuhan maka akan ada penyertaan Tuhan dalam hidup setiap kita. Tidak hanya perlindungan tetapi semua yang baik, berkat akan menjadi bagian kita. Seperti kisah bangsa Israel dalam perjalannya ke tanah perjanjian, Tuhan selalu menyertai mereka lewat tiang awan, tiang api, mana, bahkan pakaian yang mereka pakai tidak pernah rusak. Penyertaan sempurna dalam hidup orang yang percaya. Allah kita adalah Allah yang Imanuel. Allah tidak pernah meninggalkan setiap kita. Raja Daud meminta agar Roh Allah tidak undur daripadanya. Kemenangan demi kemenangan diperoleh Raja Daud karena Raja Daud suka mengundang hadirat Tuhan. Tuhan tidak pernah meninggalkan setiap kita tetapi terkadang setiap kitalah yang sering lupa dan meninggalkan Tuhan. Allah kita adalah Allah yang Imanuel. Belajarlah mencari hadirat Tuhan sebab di luar Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa.  Mau tidak mau kita butuh yang namanya penyertaan Tuhan.
3.       Kemurahan yang Telah Allah sediakan Buat Setiap Kita
“Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup! Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!” Mazmur 27:13-14. Ada kemurahan dan anugerah dari Tuhan saat tinggal dalam rumah Tuhan. Saat ada masalah atau problem hidup jangan buru-buru putus asa karena tidak ada nasib buruk di dalam Tuhan. Sakit penyakit, kemiskinan, serangan bahaya tidak bisa hanya diselesaikan oleh kekuatan manusia, kita butuh kemurahan dan kasih karunia dari Tuhan.
Tidak ada yang bisa kita banggakan hari-hari ini. Kita butuh kemurahan Allah hari-hari ini. Seperti Maria yang suka duduk di kaki Tuhan dan mencari hadirat-Nya, saat Maria ada problem yang tidak bisa diselesaikan oleh siapapun maka ia datang kepada Yesus sehingga tersentulah hati Yesus dan kemurahan Tuhan itu turun atas Maria sehingga Lazarus dibangkitkan. Itulah yang disebut kemurahan dari Tuhan. Kesembuhan, mujizat dan berkat tuhan akan kita terima saat kita datang ke hadirat Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar