Selasa, 05 Mei 2015

Memperbesar Kapasitas

“Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula." Markus 2:22. Anggur baru sudah Tuhan sediakan buat setiap kita orang yang percaya kepada Tuhan. Anggur yang baru berbicara tentang promosi buat setiap kita. Hal yang besar akan Tuhan sediakan buat setiap kita, damai sejahtera, bahkan berkat yang besar akan Tuhan sediakan buat setiap kita. Kerinduan Tuhan adalah membawa setiap kita untuk menikmati janji-Nya dan menikmati masa depan yang penuh harapan yang Tuhan telah sediakan buat setiap kita. Tuhan menginginkan setiap kita berhasil disetiap aspek kehidupan kita, menjadi mahasiswa yang berhasil dalam studi, menjadi pengusaha yang berhasil dalam setiap usahanya, dan apapun yang kita lakukan sekarang Tuhan rindu agar setiap kita berhasil. Tuhan sedang melakukan bagian-Nya untuk menggenapi rancangan-Nya yang luar biasa, Tuhan juga ingin agar setiap kita melakukan bagian kita. Terus perbesar kapasitas kita agar kita bisa menerima anggur baru dari Tuhan. Setiap orang yang siap diperbesar kapasitasnya berarti siap dipercayakan dengan hal yang besar dalam hidup mereka. Bagaimana kita bisa memperbesar kapasitas kita? Ada tiga hal yang harus kita lakukan agar kapasitas kita diperbesar oleh Tuhan.
1.      Hidup Kita Harus Berubah
“Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula." Markus 2:22. Anggur yang baru harus disimpan pada kantong yang baru juga. Hal ini berarti kita tidak bisa hidup dengan cara kita yang lama tetapi kita harus berubah. Tanpa perubahan kita tidak bisa menerima berkat Tuhan yang Tuhan akan curahkan buat setiap kita. Jika kita tidak memperbesar kapasitas kita maka saat anggur yang baru Tuhan curahkan maka anggur itu akan mengoyakan kehidupan kita. Buka hati kita, singkirkan hidup lama kita dan kenakan manusia baru dalam hidup kita.
Perubahan harus diawali dari hati setiap kita. Hati adalah pusat kehidupan kita, oleh karena itu jagalah hatimu dari segala kewaspadaan karena dari hati kita lah terpancar kehidupan. Singkirkan sakit hati, akar pahit, dendam di hati setiap kita karena hal itulah yang menjadi penghalang untuk setiap kita menerima berkat dari Tuhan. Kita harus siap diubah oleh Tuhan agar kita mengalami mujizat dari Tuhan dalam hidup kita. Saat hidup kita berubah, karakter kita juga akan diubah oleh Tuhan. Karakter itulah yang menentukan setiap kita untuk menerima berkat Tuhan yang luar biasa. Dimanapun kita ditaruh oleh Tuhan, saat kita memiliki karakter yang benar maka kita akan bisa terus survive dan berada dipuncak.
2.      Berani Berinvestasi
“Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta.” Matius 25:16. Dalam ayat tersebut dikatakan hamba itu menjalankan talenta itu. Kapasitas kita akan diperbesar saat kita berani berinvestasi, baik berinvestasi waktu, tenaga, ataupun uang kita. Hamba yang menerima 2 dan 5 talenta itu menjalankan dan menginvetasikan uang mereka sehingga mereka mendapat seratus kali lipat dari hasil investasinya.
“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” 1 Korintus 15:58. Hukum kerajaan Allah mengajarkan apa yang kita tabur itu yang akan tuai dalam hidup kita. Saat kita menabur dalam roh kita akan memperioleh kehidupan tetapi saat kita menabur dalam daging kita akan menerima kebinasaan. Tidak hanya kekekalan yang akan kita terima saat kita menabur dalam roh tetapi berkat yang besar Tuhan sudah sediakan buat setiap kita. Ibadah kita adalah salah satu bentuk investisi kita. Ibadah kita mengandung janji di dalam setiap kehidupan kita, janji hidup kekal dan juga janji berkat yang berkelimpahan Tuhan akan berikan buat setiap kita. Pelayanan kita juga merupakan investasi buat setiap kita, tidak hanya pelayanan kita di greja saja tetapi pelayan kita di luar pun merupakan investasi dalam hidup kita, dipekerjaan, distudy, dan dimanapun kita berada lakukan yang terbaik karena itu semua merupakan investasi kita.  
3.      Membangun Hubungan Yang Benar Dengan Tuhan
“Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya. Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.” Daniel 6:4,11. Kapasitas Daniel diperbesar oleh Tuhan karena ia memiliki Roh yang luar biasa. Tiga kali sehari Daniel berdoa kepada Allahnya. Jika hubungan kita dengan Tuhan benar maka hubungan kita dengan sesama akan benar juga. Jika kita bisa mengasihi Tuhan lebih lagi pasti hidup kita juga akan lebih lagi mengasihi sesama kita. Saat setiap kita memiliki hubungan intim dengan Tuhan maka Tuhan akan mempromosikan hidup setiap kita. Saat hubungan kita dengan Tuhan benar maka kita tidak perlu kuatir dengan segala kebutuhan kita karena Tuhan akan mencukupkan kebutuhan setiap kita. Saat kita memiliki hubungan yang benar dengan Tuhan maka kita juga akan memiliki iman yang besar dalam Tuhan. Apa yang mustahil bagi dunia tidak mustahil bagi Tuhan. Saat kita dekat dengan Tuhan pasti selalu ada harapan yang pasti yang Tuhan berikan buat setiap kita. Bahaya terbesar dalam hidup ini adalah saat seseorang telah kehilangan harapannya. Ingatlah bahwa setiap kita memiliki pengharapan yang sejati. Yesus adalah pengharapan yang sejati dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar