Selasa, 05 April 2016

Salib Adalah Kebanggaan



                “Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.” Galatia 6:14. Kekristenan hari-hari ini banyak menghadapi tantangan dan hujatan. Sehingga setiap kita merasa salib yang kita pikul semakin hari semakin bertambah berat. Tetapi harus kita ingat bahwa dibalik salib yang kita pikul ada kemenangan yang akan Tuhan berikan buat setiap kita. Jangan takut dengan apa yang terjadi hari-hari ini, banyak orang menganggap salib merupakan suatu lambang kebodohan dan kutuk sehingga banyak orang yng menghujat dan menghina salib Kristus. Bagi orang yang belum mengenal Kristus salib merupakan hal yang hina dan bodoh dihadapan mereka, tetapi bagi Rasul Paulus Salib merupakan lambang kebanggaan dalam hidupnya. Bahkan Rasul Paulus menganggap apa yang ia tahu selama ini merupakan sampah saat ia sudah mengenal salib Kristus. Mengapa bagi Rasul Paulus Salib merupakan kebanggaan dalam hidupnya? Karena saat mengikut Kristus kita harus menyangkal diri dan pikul salib. Ada beberapa alas an mengapa salib merupakan kebanggan buat setiap orang yang percaya?
1.       Karena Melalui Salib Ada Pembebasan
“Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.” Kolose 2:13-15. Melalui Salib ada pembebasan yang Yesus berikan buat setiap kita. Segala dosa kita sudah dilunasi Tuhan di atas kayu salib. Iblis tidak bisa mendakwa kita lagi karena kesalahan kita sebab Yesus sudah membayar lunas di atas kayu salib.  Oleh sebab itu, bvanggalah pada salib Kristus.
2.       Karena Melalui Salib Ada Pembelajaran Tentang Kehidupan
“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” Ibrani 12:1-2. Karena melalui salib ada pembelajaran tentang kehidupan yang Yesus ajarkan buat setiap kita. Ada teladan yang Yesus ajarkan lewat kehidupan dan kematianNya di atas kayu salib. Terus hidup tertuju pada Kristus. Yesus tahu apa tujuan Ia hidup menjadi manusia, bahkan sampai mati di kayu salib Yesus tetap taat dan setia. Yesus mengutamakan biar kehendak Tuhan yang terjadi bukan kehendakNya. Melalui Salib Yesus mengajarkan setiap kita untuk tekun, sabar, dan setia. Apapun salib yang kita alami hari-hari ini belajarlah dari Yesus yang tekun, sabar dan setia dengan proses hidup yang ada. Banggalah memiliki salib Kristus! Salib adalah proses pendewasaan setiap kita. Sep[erti halnya Kristus yang daiam saat di hina meskipun ia tidak salah. Yesus sabar, tekun dan setia menjalankan misinya ada di dunia ini. Bagaimana dengan setiap kita? Jangan undur! Jangan takut! Jangan ngomel dan bersungut-sungut saat pergumulan dan badai hidup datang menerpa! Bersukacitalah senantiasa dan belajralah dari kehidupan Kristus.
3.       Karena Melalui Salib Ada Jaminan Berkat
“Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”  Galatia 3:13-14. Ada jaminan berkat buat setiap kita di dalam salib Kristus. Seharusnya setiap kita orang berdosa mendapat kutuk tetapi karena salib Kristus kita mendapat kepastian berkat dari Tuhan. Pandang salib sebagai kebanggaan. Tuhan menjanjikan berkat buat setiap kita walaupun sebenarnya itu bukan bagian kita. Berkat keselamatan, penebusan, kemenangan Tuhan akan berikan buat setiap kita. Salib adalah lambang kemenangan orang percaya jadi banggalah pada salib Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar