Selasa, 15 April 2014

Keajaiban Tuhan

Rancangan Allah buat setiap kita adalah rancangan damai sejahtera bukan rancangan malapetaka. Allah selalu merancangkan kebaikan buat setiap kita. Begitu juga seperti yang dialami oleh bangsa Israel saat keluar dari Mesir menuju ke tanah perjanjian. Dalam perjalanan bangsa Israel, Tuhan terus menyertai dan menyediakan apa yang mereka perlukan. Mulai dari makanan yang turun dari surga, pakaian dan alas kaki yang mereka pakai tidak pernah rusak, tiang awan dan tiang api yang terus menyertai mereka dan banyak lagi penyertaan Tuhan dalam perjalanan mereka. Keajaiban dan mujizat terus mereka alami dalam perjalanannya ke tanah perjanjian. Dalam perjalananya ke tanah perjanjian, Tuhan mencari orang-orang yang bisa dipercaya untuk menjadi pemimpin seribu orang, seratus orang, lima puluh orang dan sepuluh orang. Begitu juga hari-hari ini, Tuhan lagi mencari orang-orang yang bisa dipercaya untuk menjadi pemimpin. Baik memimpin keluarga, komunitasnya, sukunya atau bangsa ini. Orang seperti apa yang dicari Tuhan seperti Keluaran 18:21-25. Mereka adalah orang-orang yang memiliki ciri-ciri berikut:
1.       Mengenal Allah dan mengerti Tujuan Allah
“Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.” Keluaran 18:21. Dalam bahasa Ibrani kata ‘kau cari’ memakai kata ‘kasa’ yang artinya visi Tuhan. Musa disuruh Imam Yitro untuk mencari orang-orang yang mengenal Allah dan mengerti Visi Tuhan. Mengerti akan di bawa kemana bangsa Israel. Ciri pertama orang yang bisa dipercaya adalah mengenal Allah dengan benar dan mengerti visi Tuhan. Tujuan Tuhan dalam hidup ini adalah hari depan yang penuh harapan buat setiap kita. Saat kita mempercayai kalau Tuhan kita baik dan rancangan-Nya adalah yang terbaik buat setiap kita maka kita akan melihat keajaiban dan mujizat Tuhan dalam kehidupan kita.
“apa yang tidak kumengerti, ajarkanlah kepadaku; jikalau aku telah berbuat curang, maka aku tidak akan berbuat lagi,” Ayub 34:32. Orang yang tidak mengenal Allahnya dengan benar maka ia akan senantiasa berbuat curang dalam kehidupannya. Tetapi orang yang mengenal Tuhan akan membawa kabar yang menyegarkan buat sekitarnya bukan kabar yang busuk. ‘Kasa’ tidak hanya berbicara tentang visi tetapi juga berbicara tentang utusan rahasia Tuhan. Orang-orang kepercayaan Allah akan diangkat menjadi agen rahasianya Tuhan. Tuhan tidak mengangkat orang yang sembarangan tetapi ia mencari orang-orang yang bisa Ia percayai. Tuhan mencari orang-orang yang mengenal Pribadi-Nya dengan benar. Seperti kisah 12 pengintai, karena mengenal Allahnya dengan benar, Yosua dan Kaleb menyampaikan kabar yang menyegarkan buat bangsa Israel saat mereka selesai mengintai tanah yang dijanjikan Tuhan. Mereka melihat janji Tuhan dan tidak melihat rintangan yang akan dihadapi di depan. Mereka percaya sebesar apapun rintangan di depan asal Tuhan sudah berjanji, itu semua akan ditepati Tuhan dan Tuhan akan menolong setiap kita menghadapi rintangan tersebut.  Yosua dan Kaleb memiliki ‘hadommayim’ tumpuan yang benar dalam hidup mereka.  Saat kita memiliki tumpuan yang benar dan dasar yang benar maka kita akan menerima apa yang Tuhan janjikan seperti Yosua dan Kaleb. Tuhan mencari orang-orang yang bisa dipercaya dan memberikan mujizat kpeda orang-orang yang bisa dipercaya dan mengenal Tuhan dengan benar.
2.       Memiliki hati pejuang, cakap, memiliki kemampuan dan kesanggupan.
Selain orang-orang yang mengenal Allah dan mengerti visi Allah. Tuhan juga mencari orang-orang yang cakap ‘kayil’ orang yang memiliki kemampuan dan kesanggupan.  Bukan yang mahir dan dapat menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Tetapi Tuhan mencari orang-orang yang cakap yang semakin hari semakin kuat di dalam Tuhan. “Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.” Mazmur 84:7. Kehidupan Kristen biarlah semakin hari semakin kuat di dalam kuat. Roh kita makin hari makin diperbaruhi dan menjadi kuat di dalam-Nya. Jadilah orang yang bergaul dengan Tuhan dan berpaut pada Tuhan. Karena diperlukan orang yang ‘kayil’ untuk berdiri buat generasi ini.
3.       Takut akan Allah
Ciri yang ketiga adalah takut akan Tuhan. Yang dimaksud takut akan Tuhan ‘yahre’ atau ‘meguno’ adalah semakin hari hidupnya bertumbuh di dalam Tuhan. “TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.” Mazmur 25:14. Tuhan akan memberitahukan rahasianya kepada orang-orang yang takut akan Tuhan. Respeklah saat Tuhan berbicara kepada setiap kita. Saat Tuhan berbicara buat setiap kita berarti Tuhan akan membuat perkara buat setiap kita. Suatu perkara yang besar dan juga baik buat setiap kita. Orang yang takut akan Tuhan akan diberkati Tuhan dan tidak mengalami kerugian. “Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.” Mazmur 111:5. “Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!” Mazmur 34:9. Orang yang takut akan Tuhan tidak akan mengalami kekurangan dan Tuhan memelihara kehidupan anak cucu mereka tidak akan meminta-minta.
4.       Memiliki Iman

Banyak perkara dan keajaiban yang dialami bangsa Israel dan Mujizat demi mujizat Tuhan datang dalam perjalanannya ke tanah perjanjian. Selain mengenal visi Tuhan, cakap dan memiliki kemampuan dan kesanggupan serta takut akan Tuhan, Tuhan juga mencari orang-orang yang memiliki iman, orang-orang yang ‘emesh’ murni. Saat hidup kita murni dan kita memiliki iman kepada Tuhan Yesus. Maka Tuhan akan menjamin hidup kita aman di dalam Tuhan. Ada jaminan saat kita memiliki iman dalam hidup ini.  Tuhan menjawab doa kita bukan karena kita butuh, Tuhan menjawab doa kita bukan juga karena kita baik, tetapi Tuhan menjawab doa kita karena kita memiliki iman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar