Kamis, 26 Maret 2015

Dari Mentalitas Lokal Menuju Mentalitas Global

Ketika Yesus terangkat ke Surga dan Roh Kudus datang, Yesus ingin mengubah mentalitas murid-murid-Nya yang memiliki mentalitas lokal menjadi mentalitas global. Sepanjang Yesus mengajar murid-murid-Nya, Ia berusaha mengubah mental mereka. Tetapi saat Yesus terangkat dan Roh Kudus di curahkan ke atas mereka hidup mereka berubah secara luar biasa. “Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" Kisah Para Rasul 1:6. Murid-Murid hanya memikirkan Israel sebelum Roh Kudus tercurah dalam hidup mereka. Mereka punya hati hanya untuk daerah lokal mereka saja. “Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Kisah Para Rasul 1:7-8. Tidak gampang mengubah mental seseorang. Begitu juga yang di alami oleh Yesus dengan murid-muridNya. Selama mengikut Yesus murid-murid masih memiliki mental lokal dan tidak mau keluar dari zona mereka. Tetapi saat Yesus terangkat ke surga dan Roh Kudus turun ke atas murid-muridnya, Roh Kudus merubah mental para murid. Mental – mental lokal berubah menjadi mental global.
Tuhan memberkati kita itu tidak sulit, tetapi yang sulit adalah mengubah mental setiap kita saat kita memperoleh berkat dari Tuhan. Jangan gunakan mental Galilea tetapi gunakan mental global. Kuasa Roh Kudus itu ‘dunamos’, untuk mengubah seseorang perlu adanya kuasa yang dinamis. Saat Roh Kudus hadir ada tiga perubahan yang dialami murid-murid Tuhan.
1.       Keluar dari Wilayah Geografis
Kehadiran Roh Kudus membuat murid-murid Yesus keluar dari Zona mereka, mereka keluar dari Galilea dan memberitakan injil ke seluruh penjuru bumi. Kalau kita memiliki pikiran seperti Tuhan maka kita harus memiliki pikiran yang global. Ubahlah mental kita agar kita bisa bergerak bersama Tuhan. Ini adalah saat untuk setiap anak-anak Tuhan keluar dari zona mereka dan mengerjakan pekerjaan yang Tuhan sudah suruh buat setiap kita. Roh Allah adalah Roh yang global yang memikirkan seluruh umat di dunia. Murid-Murid Yesus mulai berani keluar saat Roh Allah hinggap dalam hidup mereka dan keluar menjadi saksi Tuhan di seluruh dunia.
2.       Kemampuan Berkomunikasi
Saat kita memiliki mental global maka Tuhan akan melengkapi kita dengan kemampuan berkomunikasi secara global. Murid-murid Tuhan diperlengkapi Tuhan dengan berbagai bahasa yang ada di dunia. Saat mental kita diubah, tidak hanya kita keluar meninggalkan wilayah geografis kita tetapi kita juga akan diberi kemampuan dalam berkomunikasi secara global. Ketika orang Kristen dihinggapi oleh Roh Kudus maka akan terjadi perubahan dalam hidup mereka. Siapaun kita yang percaya dengan Yesus pasti akan disiapkan Tuhan untuk bergerak secara global. Roh Kudus akan mengubah hidup kita dan mentalitas kita.
3.       Perubahan Radikal dalam Menghadapi Orang
Sebelum dihinggapi Roh Kudus, mental murid-murid Yesus adalah mental pecundang. Seperti halnya Petrus yang takut saat seorang perempuan bertanya kepadanya apakah ia adalah murid Yesus orang yang ditangkap itu. Ia tidak berani menjawab dan berkata bhawa ia tidak mengenal Yesus. Tetapi saat Roh Kudus ada dalam hidup Petrus maka ia berubah secara radikal dalam hidupnya. “Maka jawab Petrus, penuh dengan Roh Kudus: "Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua, jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan, maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati--bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu. Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Kisah Para Rasul 4:8-12. Mental Petrus berubah saat ada Roh Kudus dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar