Jumat, 17 Mei 2013

Kriteria Orang Pilihan Tuhan



 Apa yang tidak dipandang dunia, apa yang tidak dipilih dunia, itu yang dipakai Tuhan. Dalam 1 Korintus 1 : 25 – 28, kita dapat ketahui bahwa Allah memilih pribadi bukan dilihat dari ukuran dunia tetapi dengan ukuran Allah sendiri. Pada ayat 28 berkata, “dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,”. Jadi orang-orang yang hina, yang tidak terpandang itulah yang dipilih Allah. Kenapa orang-orang seperti itu yang dipilih Allah? Hal itu terajdi karena mereka menjerit kepada Tuhan. Seperti yang kita ketahui dalam firman Tuhan, Allah dekat dengan orang yang remuk hatinya. Allah mendengar jeritan mereka.
          Selama kita hidup bersama Yesus, hidup kita akan menjadi luar biasa. Yesus sanggup melakukan segala perkara dalam hidup kita. Firman Tuhan berkata Tuhan tidak melihat apa yang kamu miliki tapi Tuhan melihat jauh ke dalam hati kita. Hikmat Tuhan sangat luar biasa, saat kita tidak termasuk hitungan dunia, disitulah Tuhan akan menggangkat kita.
          Apa saja sih kriteria orang pilihan Tuhan? Dibawah ini kita akan belajar hal-hal apa saja yang harus dimiliki anak-anak Tuhan pada akhir zaman:
1.     Hati yang tulus
Dalam 1 Samuel 16 : 6 – 7, Samuel melihat Eliab layak diurapi Tuhan sebagai raja, tetapi Allah Berkata dalam ayatnya yang ketujuh ……”Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” Tuhan melihat hati setiap kita. seperti ayat tadi Tuhan tidak melihat paras seperti yang dilihat manusia, tapi Tuhan melihat hati kita. Mari kita renungkan sama-sama hari-hari ini ”Adakah hati anak-anak Tuhan yang berkenan kepada Tuhan? Seperti halnya dalam kitab 1 Samuel tadi, Tuhan memilih Daud bukan Eliab karena Tuhan melihat hati Daud yang berkenan pada Tuhan. Daud memiliki hati yang Tulus. Oleh karena itu, jangan pernah bersandiwara dengan Tuhan karena Tuhan mengetahui apa isi hatimu. Simpanlah firman Tuhan dalam hatimu dan hati-hatilah dengan apa yang ada dihatimu.

2.    Berani mengalahkan dosa
Dalam kitab Kejadian 41 : 37-41, diceritakan tentang Yusuf yang diangkat Firaun dan menjadi kuasa atas seluruh tanah mesir. Seperti halnya dengan Daud, Yusuf diangkat Tuhan dan dipilih Tuhan karena ada sesuatu yang berbeda dari Yusuf. Yusuf berani berkata tidak untuk dosa. Seperti yang kita ketahui tentang cerita Yusuf, mulai dari Yusuf dijual saudara-saudaranya sampai di goda istri dari Potifar, Yusuf berani berkata tidak untuk dosa. Walau difitnah dan dijebloskan ke dalam penjara tapi akhirnya Tuhan mengangkat Yusuf karena dia tidak mau kompromi dengan dosa. Sudahkah kita seperti Yusuf yang berani berkata tidak untuk dosa?  Mari kita belajar dari pribadi Yusuf sehingga kita menjadi anak-anak pilihan Tuhan.
  
3.    Tekun
Hal yang ketiga yang perlu dimiliki anak-anak Tuhan adalah sifat ‘tekun’. Hal ini dapat kita pelajari dari salah satu tokoh Alkitab yaitu Daniel. Dalam kitab Daniel 6 : 11 dikatakan bahwa Daniel tiga kali sehari berlutut, berdoa serta memuji Allah. Saat Daniel tekun menjaga hubungan pribadinya dengan Tuhan maka Allah mengangkat Daniel dan ia memiliki kedudukan yang tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresh (Daniel 6 : 7). Miliki hubungan pribadi yang baik dengan Tuhan sehingga kita menjadi anak-anak pilihan Tuhan.

4.    Hati hamba
Selain hati yang tulus seperti Daud, sifat berani mengalahkan dosa seperti Yusuf dan ketekunan seperti Daniel. Kita juga perlu memiliki Hati Hamba seperti Maria. Dalam Injil Lukas 1 : 38, Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.”…. Maria tidak berbantah-bantahan dengan Tuhan. Seperti halnya dengan Maria, Jika kita punya hati hamba, kita tidak menolak apa yang Tuhan mau untuk kita. So, milikilah hati hamba.




Ringkasan Khotbah
Minggu, 13 Mei 2012
Pdt. Desem Apui
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar